Menu Tutup

Pendidikan Agama Islam (S3)

>

PROFIL S3

Program doktor PAI ini memiliki tujuan; melahirkan ahli-ahli pendidikan yang berwawasan peradaban Islam dengan merujuk pada karya-karya ulama/intelektual muslim terdahulu dan fungsionalisasinya dalam era kontemporer. Program juga memberi penekanan pada pengajaran konsep-konsep pendidikan Islam, konsep adab serta Islamisasi pengetahuan kontemporer.

Untuk mencapai tujuan tersebut, proses pembelajaran didesain dengan memadukan antara kemampuan memahami karya ulama salaf dengan kemampuan memabaca pemikiran ulama ahlusunnah kontemporer (Prof. Dr. Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki, al-Habib Dr. Abu bakar bin Ali al-Masyhur dan Prof. Dr. Tan Sri Syed Muhammad Naquib al-Attas) dalam konteks isu-isu dalam peradaban modern ini. Sehingga mereka dapat menghasilkan pemikiran pendidikan yang berperan dalam membangun peradaban Islam dengan baik.

Membangun adab dan akhlak yang baik serta mindset berfikir yang islami adalah penting untuk membangun peradaban Islam di zaman modern.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana memformulasi pemikiran ulama terdahulu dengan tantangan kontemporer. Ini semua akan menjadi bagian dari program Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer.

VISI

Menjadi pusat pendidikan dan peradaban Islam dengan agenda menyiapkan generasi unggul, peneliti, pakar, dan dosen pendidikan Islam.

MISI

Untuk mencapai visi tersebut, program doktoral ini didesain dengan misi:

Melahirkan ulama sekaligus intelektual muslim yang memiliki pengetahuan komprehensif tentang Pendidikan Islam dan peradaban Islam dengan dengan merujuk pada karya-karya ulam/intelektual Muslim terdahulu.

Menghasilkan konsep-konsep pendidikan Islam baru yang berdasarkan pada pemikiran ulama-ulama yang digali dari al-Qur’an, Hadist, dan kitab-kitab turats.

Mencetak pakar pendidikan Islam yang mampu mengaplikasikan pendidikan Islam berdasarkan worldview Islam dalam dunia pendidikan kontemporer.

PERKULIAHAN

Kuliah S3 PAI IAI Dalwa dilaksanakan di Dalwa Hotel Syariah, dengan alokasi waktu dan hari; Sabtu-Ahad pukul 09.00-17.00 tiap dua pekan sekali.

Kelas dibagi dua rombongan belajar. Pertama, kelas reguler. Inputnya dari alumni Dalwa atau dari luar yang memiliki kemampuan dirasah Islamiyah, bahasa Arab dan bahasa Inggris yang baik, semangat belajar di S3, serius dan punya skill menulis. Kelas intensif disebut juga unggulan, dimana proyek S3 Dalwa yang sesungguhnya melahirkan kader-kader yang sesuai tujuan, visi dan misi. Dosen-dosen kelas ini dari Indonesia dan Mancanegara. Kedua, kelas non-reguler. Inputnya dari para guru, dosen, praktisi, professional yang kemampuan bahasanya baik, memiliki keinginan menyelesaikan studi dengan tepat waktu. Mayoritas pengajarnya dari lokal Indonesia. Meskipun begitu, tetap menjaga kualitas lulusan sesuai dengan target kurikulum.

KONSENTRASI PEMIKIRAN

Sebagai bagian dari pengembangan mahasiswa, maka prodi PAI IAI Dalwa mengadakan konsentrasi pemikiran (kuliah pendek) di Makkah Almukarromah, Hadramaut dan Kuala Lumpur Malaysia. Kuliah pendek ini merupakan pengembangan dan penguatan keilmuan mahasiswa untuk menyerap pemikiran 3 tokoh ulama’ yang menjadi rujukan prodi PAI IAI Dalwa antara lain; Prof. Dr. Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki, al-Habib Dr. Abu Bakar bin Ali al-Masyhur dan Prof. Dr. Tan Sri Syed Muhammad Naquib al-Attas.

Konsentrasi pemikiran di Makkah Almukarramah dengan talaqqi langsung kepada Dr. Sayyid Ahmad bin Muhammad alwi al-Maliki pengganti Dr. Sayyid Muhammad Alwi al-Maliki, selanjutnya kuliah langsung kepada al-Habib Dr. Abu Bakar bin Ali al-Masyhur, kemudian konsentrasi pemikiran di Kuala Lumpur dilakukan di kampus CASIS-UTM dengan materi pemikiran Prof. Dr. Tan Sri Syed Muhammad Naquib al-Attas dengan bimbingan Prof. Wan Moh. Nor Wan Daud.